Beranda | Artikel
Pentingnya Menjaga Keselamatan Hati - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Jumat, 28 Agustus 2015

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Pentingnya Menjaga Keselamatan Hati

Ummatal Islam, kebahagiaan seorang hamba terletak pada hatinya. Seorang hamba tidak akan pernah bahagia kecuali apabila hatinya dipenuhi dengan iman dan Islam. Betapa banyak manusia yang mencari kebahagiaan, namun dengan jalan yang tidak disyariatkan.

Maka kewajiban seorang hamba yang pertama kali adalah mengenal Allah Rabbul ‘Izzati wal Jalalah. Karena itu sumber kebahagiaan seorang hamba. Bahkan kebutuhan hati kita dalam mengenal Allah itu melebihi kebutuhan badan kita kepada makanan dan minuman. Karena kehidupan hati itu lebih agung dan lebih besar daripada kehidupan badan kita.

Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala menggantungkan keselamatan seorang hamba di hari kiamat dengan keselamatan hati. Allah Ta’ala berfirman:

يَوْمَ لَا يَنفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ، إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

“Di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna. Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (QS Asy-Syu’ara [26]: 88-89)

Keselamatan hati yang dimaksud di dalam ayat di atas adalah hati yang selamat dari perbuatan syirik, mempersekutukan Allah dengan selainNya dan selamat dari penyakit-penyakit hati.

Perhatian seorang hamba Allah terhadap hatinya hendaknya lebih daripada perhatiannya kepada anggota badannya. Jangan seperti orang-orang munafik yang lebih mementingkan badan-badan mereka dibandingkan hati-hati mereka. Allah Ta’ala berfirman:

وَإِذَا رَأَيْتَهُمْ تُعْجِبُكَ أَجْسَامُهُمْ

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15614-pentingnya-menjaga-keselamatan-hati-khutbah-jumat-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/